Minggu, 01 Desember 2013

EMPAT UNSUR POKOK DIFUSI INOVASI


EMPAT UNSUR POKOK DIFUSI INOVASI
1.      INOVASI
Inovasi adalah gagasan, tindakan, atau barang yang dianggap baru oleh seseorang atau suatu pengguna lain. Selamaberkenaan dengan perilaku manusia, tidak terlalu dipersoalkan apakah suatu ide itu “ secara obyektif “ baru ( seandainya diukur dengan selang waktu sejak pertama kali digunakan atau ditemukan ) atau tidak. Pandangan seseorang tentang kebaruan suatu ide menentukan reaksinya terhadap ide tersebut. Apabila ide itu dipandang baru oleh seseorang, maka itu inovasi.
2.      SALURAN KOMUNIKASI
Mendefinisikan komunikasi sebagai suatu proses dimana pelakunya menciptakan dan bertukar informasi satu sama lain untuk mencapai kesamaan paham. Difusi adalah tipe khusus komunikasi, yakni informasi yang dipertukarkan adalah ide – ide baru. Inti proses difusi  adalah pertukaran informasi, yang seseorang mengkomunikasikan suatu ide baru kepada orang lain. Pada dasarnya bentuk prose situ meliputi: ( 1 ) suatu inovasi, ( 2 ) seseorang atau unit adopsi yang punya pengetahuan atau  pengalaman dalam penggunaan informasi itu, ( 3 ) orang lain yang belum mengetahui inovasi itu, ( 4 ) saluran komunikasi yang menghubungkan kedua unit itu. Saluran komunikasi adalah jalur lewat suatu pesan sehingga bisa tersampaikan dari seseorang kepada orang lain. Misalnya saluran media massa biasanya merupakan cara atau alat penyalur pesan yang menggunakan media seperti radio, televisi, Koran dan lain sebagainya yang memungkinkan seorang sumber dapat menjangkau khalayak dalam jumlah besar.
3.      JANGKA WAKTU
Waktu merupakan unsur penting dalam proses difusi. Kebanyakan penelitian ilmu-ilmu tingkah laku mengabaikan dimensi waktu. Waktu merupakan aspek penting dalam proses komunikasi, tetapi kebanyakan penelitian komunikasi ( yang bukan difusi) tidak memasukkannya secara eksplisit. Pemasukan waktu sebagai suatu variabel dalam penelitian difusi merupakan salah satu kekuatannya, tetapi pengukuran dimensi waktu ( sering kali dengan cara ingatan responden ) dapat di cela. Dimensi waktu masukdalambahasan difusi karena (1 ) proses keputusan inovasi dimana seseorang menjalani proses mulai dari kenal inovasi sampai dengan pengadopsiannya tau penolakannya, ( 2) keinovatifan seseorang atau unit adopsi yakni relative lebih awal atau akhir suatu inovasi diadopsi atau dibandingkan dengan inovasi lainnya, ( 3) kecepatan adopsi suatu inovasi dalamsuatu system social yang biasanya diukur dengan jumlah anggota yang mengadopsi inovasi.
4.      SISTEM SOSIAL
Sistem social didefinisikan sebagai seperangkat unit – unit yang berhubungan dan terikat dalam kerjasama pemecahan masalah untuk mencapai tujuan bersama. Perlu diingat bahwa difusi itu terjadi dalam suatu system social, karena itu struktur social suatu system mempengaruhi penyebaran inovasi. Sistem sosial  mempunyai batasan – batasan dimana suatu inovasi menyebar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar