APAKAH DIFUSI ITU ?
Difusi
adalah suatu pengkomunikasian inovasi melalui saluran – saluran tertentu dalam
jangka waktu tertentu di kalangan anggota suatu system social. Difusi adalah
suatu corak khusus komunikasi, yang pesan pesannya mengenai ide – ide baru.
Kami memandang komunikasi sebagai suatu proses pemanduan dua arah, bukan
sebagai tindakan searah atau lurus di mana seseorang meminda suatu pesan kepada
orang lain ( Roger dan Kincaid 1981 ).
Misalnya
ketika seseorang agen pembaru berusaha mempengaruhi klien agar menggunakan
suatu inovasi. Namun apabila kita melihat apa yang terjadi sebelum peristiwa
semacam itu, dan apa yang terjadi selanjutnya, kita menyadari bahwa peristiwa
itu hanyalah sebagai dari keseluruhan proses yang didalamnya mengalami proses
yang didalamnya dipertukarkan informasi antara dua orang itu. Mungkin, misalnya
klien datang kepada agen pembaru mengemukakan masalah dan kebutuhannya, dan
oleh agen pembaru disarankan inovasi sebagai pemecahan yang bisa ditempuh.
Dengan
demikian difusi adalah suatu corak komunikasi, yang pesannya mengenai ide baru.
Kebaruan ide dalam isi pesan komunikasi itulah menjadikan difusi bersifat khas.
Kebaruan berarti didalamnya terkandung ketidakpastian. Ketidakpastian adalah
seberapa jauh sejumlah alternative dianggap berkait dengan terjadinya suatu
peristiwa dan seberapa peluang relative pilihan – pilihan tersebut. Ketidak
pastian berarti berkurang keterprakiraan informasi, susunan informasi.
Informasi merupakan alat pengurang ketidakpastian. Informasi adalah jarak
antara materi dan energy yang mempengaruhi ketidakpastian suatu situasi yang
didalamnya terdapat suatu pilihan diantara banyak kemungkinan ( Roger dan
Kincaid, 1981:64 ).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar